Wednesday, April 5, 2017

Resep Dan Cara Memasak Rica-Rica Entok

Bagi anda pencinta makanan pedas, tentu nama rica-rica sudah tidak asing lagi. Karena jenis masakan ini biasanya mempunyai rasa yang sangat pedas, tetapi walaupun pedas untuk rasa sudah tidak perlu diragukan lagi. Kebanyakan orang membuat rica-rica menggunakan daging ayam maupun daging bebek, tetapi rica-rica bisa juga menggunakan daging entok. Resep rica-rica entok sama seperti resep rica-rica ayam maupun bebek, tetapi yang menjadi pembeda adalah dalam pengolahan entoknya. Sebab, daging entok biasanya mempunyai bau yang lebih amis daripada jenis daging lain. Ketika anda ingin mencoba resep rica-rica entok, sebaiknya pilihlah entok yang masih muda yaitu berusia kira-kira 3 bulan.

Resep Dan Cara Memasak Rica-Rica Entok


Berikut resep rica-rica entok istimewa yang bisa anda buat sendiri di rumah, yaitu: 

Bahan-bahan yang perlu disiapkan :
- 1 ekor itik, pilihlah yang masih muda
- 8 butir bawang merah, iris tipis
- 5 buah daun jeruk nipis
- 2 batang serai
- 1 sendok air jeruk nipis
- 1 buah jeruk nipis, peras dan ambil airnya
- 1 lembar daun salam
- 150 ml air
- Minyak goreng secukupnya

Bumbu yang dihaluskan :
- 10 buah cabai merah ( bisa ditambah atau dikurangi sesuai selera
- 10 cabai rawit merah, atau sesuai selera
- 6 siung bawang putih
- 3 cm jahe

Cara membuat resep rica-rica entok :

1. Hal pertama yang perlu anda lakukan dalam membuat resep rica-rica entok yaitu, bersihkan dan potong entok sesuai selera. Jangan lupa untuk membersihkan semua lender yang tertempel pada daging entok. Agar daging entok tidak amis, lumuri dengan air jeruk nipis, dan diamkan sebentar. Selain itu sebaiknya tidak mengolah bagian brutu pada entok, karena bagian itu biasanya sangat amis.
2. Langkah kedua dalam pembuatan resep rica-rica entok yaitu, tumis merah, serai, dan daun salam. Tumis hingga bawang merah menjadi layu, kemudian masukkan bumbu yang dihaluskan dan tumis sampai tercium bau harum.
3. Masukkan daging entok, dan aduk kira-kira selama 3 menit sampai tercampur dengan bumbu. Tuang air dan aduk sebentar, kemudian tutup. Masak hingga air menyusut, dan bumbu meresap. Sebaiknya ketika memasak anda gunakan api besar, tujuannya agar daging bisa empuk dan lebih cepat matang.
4. Setelah air agak menyusut, masukkan air jeruk nipis. Aduk dan masak sebentar.
5. Setelah matang, angkat dan sajikan.

Itulah resep rica-rica entok, semoga setelah mengetahui resep rica-rica entok tersebut anda bisa membuat rica-rica dengan rasa yang istimewa untuk seluruh anggota keluarga.

0 comments:

Post a Comment