Tuesday, May 3, 2016

Resep Masakan Istimewa Berbahan Dasar Ayam

Daging ayam adalah salah satu jenis daging yang mempunyai keistimewaan tersendiri. Sebab daging ayam mudah untuk diolah menjadi berbagai macam masakan. Ayam betutu adalah salah satu resep masakan berbahan dasar ayam, dimana resep masakan berbahan dasar ayam ini sangat digemari oleh banyak orang. Keuntungan bila anda membuat resep masakan berbahan dasar ayam yaitu ayam betutu, anda bisa lebih puas menikmati resep ayam ini tanpa harus jauh-jauh pergi ke Bali. Resep masakan berbahan dasar ayam yang akan anda buat ini juga tergolong mudah dan cepat, selain itu bahan-bahannya juga sama seperti dalam pengolahan resep masakan berbahan dasar ayam yang lainnya.

Resep ayam betutu

Berikut resep masakan berbahan dasar ayam, yaitu :

Bahan-bahan :
- 1 ekor ayam kampung yang masih utuh
- 2 batang serai, ambil bagian putinya dan memarkan
- 2 lembar daun salam
- Daun pisang secukupnya
- Alumunium foil

Bahan-bahan untuk bumbu yang dihaluskan :
- 15 cabai merah, buang bagian bijinya
- 4 cm jahe
- 4 cm kunyit bakar
- 4 cm lengkuas
- 2 batang serai, ambil bagian putihnya
- 100 gram bawang merah
- 6 siung bawang putih
- 1 sendok teh ketumbar bubuk
- 4 butir kemiri, disangrai atau bisa juga dibakar
- 4 lembar daun jeruk purut
- ½ sendok teh merica bubuk
- 2 sendok teh garam
- Minyak goreng secukupnya

Cara membuat resep masakan berbahan dasar ayam :

1. Langkah awal dalam resep masakan berbahan dasar ayam yaitu bersihkan ayam sampai benar-benar bersih, keluarkan semua bagian dalam ayam. Dalam pembuatan resep masakan berbahan dasar ayam ini ayam tidak perlu dipotong, dan sebaiknya masih dalam keadaan utuh.
2. Langkah selanjutnya ialah anda siapkan wajan dan beri minyak goreng secukupnya, setelah minyak panas masukkan bumbu yang sudah dihaluskan. Tumis bumbu sampai matang lalu angkat.
3. Setelah bumbu agak dingin, anda lumurkan pada ayam sampai merata seluruhnya. Diamkan selama semalaman agar bumbu meresap.
4. Setelah semalaman, bungkus ayam dengan daun pisang. Jangan lupa beri daun salam dan juga serai. Bungkus kembali dengan alumunium foil, usahakan agar ayam benar-benar tertutup sempurna dan rapat.
5. Siapkan panci atau dandang untuk mengukus ayam, kukus ayam kurang lebih selama 2 jam. Setelah proses pengukusan selesai, anda panggang ayam dalam oven dengan suhu 180 derajat Celcius selama 2 jam. Setelah matang angkat lalu sajikan.

Itulah resep masakan berbahan dasar ayam, untuk pelengkap anda bisa menikmatinya bersama nasi hangat, sambal, dan juga lalapan. Dan selamat mencoba.

0 comments:

Post a Comment