Wednesday, April 6, 2016

Resep Sate Lilit Ikan Khas Bali Lezat

Resep Sate Lilit Ikan Khas Bali Lezat – Hampir setiap kota memiliki makanan khas yang berbeda-beda begitu pula dengan Bali. Bali juga memiliki masakan yang lezat diantara masakan Nusantara lain yang lebih terkenal. Bali memiliki makanan khas yang bernama sate lilit ikan dan makanan ini sudah sangat melegenda dipulau tersebut. Sate lilit ikan ini terbuat dari bahan ikan tengiri dan anda bisa mendapatkannya di pasar tradisional atau pasar ikan terdekat. Jika biasanya anda mengolah ikan tengiri dengan cara digoreng, tidak ada salahnya anda memberikan inovasi lain dengan cara dibuat sate.

Masakan Nusantara - Sate Lilit Ikan


Sate merupakan makanan yang paling banyak disukai, bumbunya yang khas dengan bawang merah dan tomat ditambah siraman kecap manis tentu membuat selera makan kita tergugah seketika. Mungkin anda penasaran bagaimana cara membuatnya, namun terlebih dahulu silahkan anda siapkan bebeberapa bahan yang dibutuhkan seperti dibawah ini.

Bahan Yang Digunakan untuk Sate Lilit Ikan:


- Ikan tengiri 500 gr
- Santan 65 ml liter
- Kelapa ¼ buah
- Tusuk sate yang lebar secukupnya
- Minyak goreng 3 sdm

Bahan Bumbu Halus :

- Bawang putih 3 siung
- Bawang merah 7 butir
- Cabe merah 5 buah
- Kemiri 5 butir
- Kunyit 1 cm
- Jahe 1 cm
- Kencur 1 cm
- Lengkuas 1 cm
- Serai 3 cm
- Daun jeruk purut 2 lmbr
- Garam 1 ½ sdt

Cara Membuat Sate Lilit Ikan :

1. Pertama-tama ikan tengiri ditumbuk hingga halus kemudian sisihkan terlebih dahulu.
2. Tumis semua bahan mumbu halus hingga keluar aroma wangi dan sedap. Jika sudah, angkat lalu diamkan hingga dingin.
3. Campur tumisan bumbu halus tersebut dengan adonan ikan yang telah anda haluskan tadi hingga tercampur rata.
4. Kemudian siapkan tusuk sate dan ambil satu sendok makan adonan ikan tersebut. Lilitkan adonan pada tusuk sate hingga membentuk seperti sate. Lakukan hal ini hingga seluruh bahan habis.
5. Selanjutnya jika adonan sudah tertusuk, silahkan anda bakar selayaknya anda membakar sate menggunakan bara yang kecil agar sate tidak cepat gosong. Lakukan hingga selesai.
6. Sate lilit ikan khas bali siap disajikan bersama nasi putih.

Bagaimana, mudah bukan cara membuatnya? Sate lilit ini bisa menjadi menu makan malam anda bersama keluarga. Semoga resep kami yang satu ini dapat memberikan inspirasi bagi anda para pecinta makanan nusantara Indonesia. Selamat Mencoba.

0 comments:

Post a Comment