Friday, April 21, 2017

Resep Olahan Berbahan Dasar Ikan Tuna

Ikan tuna merupakan jenis ikan laut yang dapat diolah menjadi berbagai macam masakan. Ikan tuna mempunyai daging yang berwarna putih, dan biasanya mempunyai rasa enak bila sudah diolah. Banyak sekali resep olahan ikan tuna yang bisa anda praktekkan sendiri di rumah, seperti resep olahan ikan tuna tumis saus kecap pedas. Dalam resep olahan ikan tuna ini, anda akan menemukan citarasa manis yang bercampur dengan pedas gurih. Tentunya akan menambah selera makan anda ketika menyantapnya.

ikan tuna tumis saus kecap pedas

Berikut resep olahan ikan tuna tumis saus kecap pedas, yaitu :

Bahan-bahan yang perlu anda siapkan, antara lain :
- 550 gram ikan tuna, fillet dan potong bentuk dadu
- 3 siung bawang putih
- 8 butir bawang merah
- 3 buah tomat
- 5 buah cabai merah keriting
- 2 buah cabai hijau, potong menyerong
- 2 batang serai, memarkan
- 5 sendok makan kecap manis
- 3 sendok makan kecap ikan
- 3 sendok makan minyak goreng
- 450 ml air
- Garam secukupnya
- Lada bubuk secukupnya
- Perasan air jeruk secukupnya

Cara membuat resep olahan ikan tuna dengan cara ditumis saus kecap pedas :

1. Cara pertama dalam membuat resep olahan ikan tuna ini adalah, membersihkan ikan tuna yang sudah filet dan potong. Bersihkanlah di air yang mengalir, agar bisa benar-benar bersih dari kotoran. Setelah itu lumuri dengan air jeruk nipis dan diamkan selama 10 menit.
2. Haluskan bawang merah, bawang putih, cabai merah, tomat, dan sedikit air. Sebaiknya haluskan dengan cara diblender.
3.  Kemudian anda siapkan wajan dan beri sedikit minyak, setelah minyak panas masukkan cabai hijau, tumis hingga cabai menjadi layu. Masukkan bumbu yang sudah dihaluskan, tumis bumbu sampai tercampur dengan cabai dan masak sampai tercium bau yang harum.
4. Tambahkan serai dan aduk sebentar, masukkan ikan tuna, kecap ikan, dan kecap manis. Tuang air dan aduk sampai bumbu tercampur dengan ikan tuna. Beri garam dan juga lada bubuk, aduk sampai bumbu ikan tuna benar-benar tercampur dengan bumbu.
5. Aduk sebentar dan diamkan. Masak hingga ikan matang dan bumbu meresap. Ketika membuat resep olahan ikan tuna dengan cara ini sebaiknya menggunakan api sedang, ini agar ikan bisa matang sempurna dan masakan tidak mudah gosong.
6. Setelah matang, angkat dan sajikan di piring saji.

Itulah resep olahan ikan tuna dengan cara ditumis saus kecap pedas, agar menambah kenikmatan ikan tuna ini nikmatilah bersama dengan nasi putih yang masih hangat.

0 comments:

Post a Comment