Saturday, April 30, 2016

Cara Membuat Sambal Kacang Nasi Uduk Super Lezat

Sambal kacang sangat nikmat bila dikonsumsi oleh nasi uduk. Rasa sambal kacang yang pedas, sangat cocok bila dikonsumsi dengan nasi uduk yang gurih. Bila anda ingin membuat sambal kacang nasi uduk, anda bisa mencoba resep sambal kacang nasi uduk. Dalam resep sambal kacang nasi uduk, hal yang perlu anda perhatikan adalah memilih kacang tanah yang berkualitas baik dan belum layu. Karena kacang yang digunakan, akan mempengaruhi dalam pembuatan resep sambal kacang nasi uduk.

Masakan Nusantara - Sambal Kacang Nasi Uduk Super Lezat

Berikut resep sambal kacang nasi uduk :

Bahan-bahan untuk sambal kacang :
- 250 gram kacang tanah
- 5 buah kemiri
- 2 siung bawang putih
- 3 buah cabai merah besar, bila anda suka pedas anda boleh menambahkan cabai rawit
- 2 sendok teh cuka masak
- Garam secukupnya
- Gula secukupnya
- 100 ml air panas

Bahan untuk nasi uduk :
- 500 gram beras
- 600 ml santan
- 2 lembar daun salam
- 3 batang serai, ambil bagian putihnya lalu memarkan
- 1 lembar daun pandan
- ½ sendok teh garam

Cara membuat resep sambal kacang nasi uduk :

1. Langkah awal dalam pembuatan resep sambal kacang nasi uduk yaitu anda buat terlebih dahulu sambal kacang. Anda sangrai atau goreng kacang tanah, goreng sambal kacang matang dan berubah warna. Setelah itu angkat dan tiriskan.
2. Haluskan cabai dan juga garam, kemudian masukkan kacang tanah, bawang putih, kemiri, dan juga. Sebaiknya agar hasilnya lebih maksimal, gunakan blender agar sambal benar-benar halus.
3. Setelah halus, taruh di wadah dan beri cuka dan juga sedikit air. Cicipi dan dirasa rasanya belum sesuai selera, anda dapat menambahkan gula tau pun garam sesuai dengan selera anda. Dan setelah dirasa rasanya pas, sisihkan sambal kacang.
4. Langkah berikutnya dalam resep sambal kacang nasi uduk yaitu membuat nasi uduk. Cuci bersih dulu beras, lalu siapkan panci dan beri santan. Masukkan pula garam, daun salam, serta serai dan masak hingga santan mendidih. Jangan lupa untuk terus di aduk, agar santan tidak pecah.
5. Kukus beras sebentar sampai setengah matang. Angkat dan taruh di wadah. Siram beras dengan santan yang sudah anda masak. Kemudian kukus kembali beras sampai benar-benar matang. Setelah matang angkat dan sajikan bersama dengan sambal kacang.

Itulah resep sambal kacang nasi uduk, sambal kacang nasi uduk lebih enak jika dinikmati bersama dengan ayam goreng, tempe atau tahu bacem, telur dadar, serta ditaburi dengan bawang goreng.

0 comments:

Post a Comment