Tuesday, April 12, 2016

Cara Masak Ikan Bawal Bumbu Asam Manis

Ikan bawal merupakan jenis ikan yang sangat bermanfaat untuk tubuh, itu karena kandungan asam amino serta protein di dalamnya. Berbagai macam jenis masakan juga bisa dibuat menggunakan ikan bawal, salah satunya adalah dengan cara dibuat asam manis. Cara memasak ikan bawal dengan dibuat asam manis, tentu saja akan memberikan rasa yang sangat istimewa. Dalam cara memasak ikan bawal dengan bumbu asam manis juga cukup mudah, sehingga anda tidak akan kesulitan memasak ikan bawal untuk seluruh anggota keluarga. Jika diolah dengan pandai, masakan dengan bahan ikan bawal pun tidak kalah dengan masakan ikan gurame.

Cara Masak Ikan Bawal Bumbu Asam Manis


Berikut ini adalah cara memasak ikan bawal dengan bumbu asam manis, yaitu :

Bahan-bahan yang perlu anda siapkan :
- 1 kilogram ikan bawal
- 100 gram tepung maizena
- 1 buah jeruk nipis, peras dan ambil airnya
- Garam secukupnya
- Minyak goreng secukupnya

Bahan untuk membuat saus asam manis :
- 50 gram wortel, kupas dan potong memanjang
- 1 sendok makan tepung maizena, larutkan dengan sedikit air
- 2 siung bawang putih, haluskan
- 2 ruas jahe, memarkan
- 2 buah cabai merah besar, buang bijinya dan potong sesuai selera
- 250 ml kaldu ayam
- 1 botol kecil saus tomat
- 2 sendok makan gula pasir
- ½ sendok teh merica bubuk
- ½ sendok teh cuka
- Garam secukupnya
- Margarin untuk menumis secukupnya

Cara masak ikan bawal asam manis :

1. Cara masak ikan bawal yang pertama yaitu bersihkan ikan bawal sampai bersih, jangan lupa untuk membuang isi perut ikan. Sayat bagian samping ikan bawang, agar apabila dimasak bisa matang sampai kebagian dalam. Kemudian lumuri ikan bawal dengan jeruk nipis dan garam, diamkan beberapa menit.
2. Gulingkan ikan bawal ke tepung maizena, lalu goreng dengan minyak yang panas sampai kering dan berwarna keemasan. Angkat dan tiriskan.
3. Cara masak ikan bawal selanjutnya yaitu membuat saus asam manisnya.  Caranya, panaskan margarine lalu tumis bawang, jahe, dan cabai merah sampai harum.
4. Masukkan wortel, masak sampai wortel matang dan layu. Tambahkan kaldu ayam, gula pasir, saus tomat, garam, dan merica bubuk. Aduk sampai semua bahan tercampur, masak sampai matang dan mendidih. Sebaiknya ketika memasak saus menggunakan api kecil, ini agar saus bisa matang sempurna dan tidak cepat gosong.
5. Tuang larutan maizena, lalu masak hingga saus mengental dan beri cuka kemudian angkat.
6. Taruh ikan bawal di piring saji, kemudian siram dengan saus asam manis. Sajikan.

Itulah cara masak ikan bawal asam manis, jika memasaknya dengan cermat maka akan menghasilkan makanan yang lezat dan menggugah selera. semoga cara masak ikan bawal tersebut bermanfaat untuk anda.

0 comments:

Post a Comment