Monday, April 18, 2016

Resep Nasi Liwet Solo Komplit Super Lezat

Jika anda berkunjung ke kota solo, tentu anda wajib mencoba nasi liwet. Nasi liwet sendiri merupakan makanan khas Solo yang mempunyai rasa yang tentu saja enak. Biasanya nasi liwet Solo komplit menjadi pilihan orang yang yang ingin mengkonsumsi nasi liwet, karena nasi liwet solo yang komplit biasanya disertai dengan sayuran yang tentu akan menambah nafsu makan anda. Resep nasi liwet Solo komplit sebenarnya cukup mudah, dan bisa anda buat sendiri di rumah.
Dan berikut resep nasi liwet Solo komplit, yaitu :

Resep Nasi Liwet Solo Komplit Super Lezat


1. Bahan untuk nasi
- 450 gram beras
- 1 liter santan cair
- 3 lembar daun salam
- 2 batang serai, memarkan
- Garam secukupnya

2. Bahan untuk opor ayam
- 1 ekor ayam, bersihkan dan potong sesuai selera
- 3 cm lengkuas, memarkan
- 2 batang serai, memarkan
- 3 lembar daun salam
- 1 sendok makan irisan gula jawa
- 500 cc santan
- Garam secukupnya
- Kaldu ayam bubuk secukupnya
- Air untuk merebus air

3. Bumbu halus untuk opor
- 3 siung bawang putih
- 5 butir bawang merah
- 4 buah kemiri
- 1 sendok the ketumbar sangrai
- Garam secukupnya

Cara membuat resep nasi liwet komplit :


1. Cara membuat resep nasi liwet Solo komplit yaitu membuat nasi liwet terlebih dahulu. Didihkan santan, lalu masukkan beras, serai, daun salam, dan garam. Aduk sebentar dan masak hingga santan menyusut, angkat dan diamkan selama 10 menit.
2. Siapkan panci untuk mengukus, setelah air mendidih masukkan beras dan kukus sampai nasi empuk.
3. Langkah selanjutnya dalam resep nasi liwet komplit yaitu membuat opor ayam. Rebus ayam selama 15 menit, setelah itu buang lemak yang mengapung dipermukaan air. Masukkan bumbu halus, lengkuas, serai, dan daun salam.
4. Tuang santan, dan masak selama 10 menit. Masukkan irisan gula jawa, dan masak kembali selama 5 menit. Masukkan kaldu bumbu, dan aduk sebentar.
5. Setelah ayam benar-benar matang, angkat lalu sajikan.

Itulah resep nasi liwet solo komplit, dalam nasi liwet solo komplit biasanya selain opor ayam juga ditambahkan sambal goreng labu siam, tim telur, telur areh, telur pindang, dan juga ditaburi dengan bawang goreng. Oleh karena resep nasi liwet solo komplit juga cukup mudah, maka anda bisa membuatnya sendiri di rumah untuk seluruh anggota keluarga.

Entah berasal dari mana makanan nasi liwet berasal, yang jelas Nasi Liwet sekarang sudah menjadi kuliner nusantara favorit yang sangat cocok dinikmati sambil Traveling. Dan selamat mencoba resep nasi liwet Solo komplit.

0 comments:

Post a Comment